Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
   
Penelusuran Lanjutan
Beranda Depan

 

 Penyakit Gosong

Penyakit:Penyakit Gosong
Penyebab:Ustilago maydis (DC) Cda.
Inang:Jagung
Sebaran:Jawa, Sulawesi Utara
Gejala:Gejala ditemukan pada tongkol. Biji-biji yang terinfeksi membengkak, membentuk kelenjar (gall). Semua kelenjar berwarna putih, tetapi setelah cendawan membentuk spora, kelenjar berwarna hitam dengan kulit yang jernih. Kelenjar yang membesar mendesak kulit kelobot terdesak ke samping, sehingga sebagian besar kelenjar itu tampak dari luar. Apabila kelenjar pecah maka spora berwarna hitam akan berhamburan ke luar.
Deskripsi:Teliospora berbentuk bulat atau jorong, diameter 8-11 m dengan banyak duri halus. Teliospora berkecambah dengan membentuk basidium atau promiselium yang lalu membentuk basidiospora atau sporidium. Sporidium dapat berkecambah dengan membentuk hifa dapat juga membentuk sporidium sekunder. Cendawan dapat bertahan sebagai saprofit dan dalam bentuk teliospora pada sisa-sisa tanaman sakit, pada pupuk organik, atau dalam tanah. Spora ini dapat bertahan selama bertahun-tahun. Cendawan dapat menginfeksi dengan langsung menembus epidermis atau melalui mulut kulit, pada semua jaringan yang terdapat pada bagian-bagian tanaman di atas tanah. 
 
Pengendalian:Membakar tanaman yang baru pertama kali terinfeksi, perawatan benih sebelum dilakukan penanaman, menanam jagung varietas tahan.




Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
didanai oleh Proyek I-MHERE B.2.c


Anda diperkenankan menggunakan informasi maupun gambar dari website ini dengan mencantumkan sumbernya www.opete.info

2010-2011 Departemen Proteksi Tanaman - IPB