Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
   
Penelusuran Lanjutan
Beranda Depan

 

 Busuk Daun

Penyakit:Busuk Daun
Penyebab:Peronospora destructor (Berk.)Casp.
Inang:Bawang
Sebaran:Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta
Gejala:Gejala berupa bercak hijau pucat di dekat ujung daun dan apabila cuaca lembab terdapat miselium dan spora yang berwarna ungu kecokelatan. Serangan yang terjadi pada tanaman muda akan menyebabkan kekerdilan. Bercak pada daun yang menyebar ke bagian bawah hingga mencapai umbi, merambat ke lapisan-lapisan umbi yang lain, berwarna kecokelatan, berkerut pada lapisan terluar, bagian dalam umbi tampak kering dan pucat. Serangan berat menyebabkan umbi membusuk, daun menguning, layu dan mengering, diselimuti oleh miselium berwarna hitam.
Deskripsi:Patogen dapat bertahan hidup pada biji, umbi, dan di dalam tanah dari musim ke musim. Pada kondisi lingkungan yang lembab dan sejuk, patogen dapat berkembang dengan baik. Penyebaran spora melalui angin. Penyakit ini dapat ditularkan melalui udara, bibit, dan tanah. 
 
Pengendalian:Mencegah penanaman bawang merah di sekitar areal terserang atau bekas areal terserang, rotasi tanaman, penggunaan bibit sehat, menghindari kelembaban dan perbaikan drainase tanah, sanitasi dan eradikasi pasca panen, pemupukan berimbang.




Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
didanai oleh Proyek I-MHERE B.2.c


Anda diperkenankan menggunakan informasi maupun gambar dari website ini dengan mencantumkan sumbernya www.opete.info

2010-2011 Departemen Proteksi Tanaman - IPB