Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
   
Penelusuran Lanjutan
Beranda Depan

 

 Penyakit Layu atau Busuk Umbi Fusarium

Penyakit:Penyakit Layu atau Busuk Umbi Fusarium
Penyebab:Fusarium oxysporum f.sp. cepae Snyd. et Hans.
Inang:Bawang
Sebaran:Jawa
Gejala:Serangan penyakit pada umumnya terjadi pada bagian bawah umbi lapis, sehingga mengakibatkan terganngunya pertumbuhan akar dan umbi. Gejala awal tampak adanya daun yang menguning dan terpelintir pada bagian ujungnya yang disusul dengan layu. Pertumbuhan akar tidak sempurna dan mudah dicabut. Pada bagian dasar umbi terdapat miselium keputih-putihan. Umbi lapis yang dipotong membujur menampakkan gejala berupa pembusukan, agak berair pada pangkalnya, dan meluas ke atas lapisan umbi. Tanaman yang terserang daunnya mati dari ujung dengan cepat.
Deskripsi:Cendawan membentuk klamidospora dan dapat bertahan lama di dalam tanah. Cendawan menginfeksi dengan cara menembus jaringan pada dasar batang tanpa ada luka sebelumnya. Penetrasi dipermudah bila terdapat luka. Serangan cendawan pada umbi sangat lambat sehingga tidak menampakkan gejala, namun gejala akan timbul setelah disimpan dan di tanam di lahan. Perkembangan penyakit dipicu oleh kelembaban tinggi dan drainase yang buruk. Penyakit jarang terjadi pada tanah yang kaya bahan organik. 
 
Pengendalian:Menanam varietas tahan (Philipina dan Sumenep), rotasi tanaman, pemupukan dengan pupuk organik, perendaman bibit dengan agens hayati Trichoderma spp. sebelum ditanam.




Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
didanai oleh Proyek I-MHERE B.2.c


Anda diperkenankan menggunakan informasi maupun gambar dari website ini dengan mencantumkan sumbernya www.opete.info

2010-2011 Departemen Proteksi Tanaman - IPB