Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
   
Penelusuran Lanjutan
Beranda Depan

 

 Citrus Vein Phloem Degeneration (CVPD)

Penyakit:Citrus Vein Phloem Degeneration (CVPD)
Penyebab:Liberobacter asiaticus
Inang:Jeruk-jerukan (Citrus sp.)
Sebaran:Jawa dan Sumatera
Gejala:Gejala luar: daun menjadi kuning pada sebagian atau seluruh bagian tajuk. Daun yang mengalami kekuningan terlihat lebih kaku dan tebak dan terlihat terdapat bercak-bercak klorosis. Tulang daun berwarna hijau tua dan kontras dengan bagian antar tulang daun yang berwarna kuning. Gejala dalam: penyempitan dan penebalan jaringan floem, sel-sel parenkim yang masih berongga biasanya penuh berisi butir-butir pati. Kayu batang tanaman sakit permukannya menampakkan gejala berupa lekukan halus (stempitting).
Deskripsi:Bakteri ini termasuk ke dalam golongan Gram negatif, terbatas pada jaringan floem, dan sulit dibiakkan secara in vitro. Bekteri ini mempunyai panjang 3.300-4.400 nm dengan diameter 300-450 nm, dan dikelilingi oleh dinding sel setebal 25-30 nm. Bakteri membelah secara asimetris dan membentuk semacam tunas. Penularan penyakit ini dapat terjadi melalui alat pertanian, okulasi atau penyambungan, dan kutu daun Diaphorina citri.  
 
Pengendalian:Pengendalian kutu daun dengan musuh alami, yaitu parasit nimfa Tamarixia radiata dan Diaphorencyrtus aligarhensis, predator Curinus coeruleus, cendawan entomopatogen Hirsutella sp. dan Metarrhizium anisopliae.




Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
didanai oleh Proyek I-MHERE B.2.c


Anda diperkenankan menggunakan informasi maupun gambar dari website ini dengan mencantumkan sumbernya www.opete.info

2010-2011 Departemen Proteksi Tanaman - IPB