Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
   
Penelusuran Lanjutan
Beranda Depan

 

 Layu Bakteri

Penyakit:Layu Bakteri
Penyebab:Ralstonia solanacearum (E.F. Sm.) E.F. Sm.
Inang:Kenikir (Tagetes sp.)
Gejala:Gejala khas, daun menguning dimulai dari daun tua dan diikuti daun muda. Gejala daun menguning dimulai dari pinggir daun, kemudian menyebar ke seluruh helai daun. Tanaman akan layu, mengering dan mati.Proses kematian berlangsung cepat. Pada bagian pangkal batang terlihat cekung basah dan garis-garis hitam atau abu-abu sepanjang batang. Rimpang danbatang busuk dan berbau. Batang mudah dicabut dari pangkalnya. Bila pangkal batang atau rimpang dipotong dan dipijit akankeluar eksudat/lendir berwarna putih susu. Penyakit berkembang palingh cepat pada suhu 27 derajat Celcius. Cara mudah mendiagnosa bakteri R. solanacearum dari tanaman yang terserang yaitu dengan memotong pangkal batang atau rimpang lalu rendam dalam air akan berubah menjadi keruh.
Deskripsi:Sumber utamaR. solanacearumberasal dari benih rimpang yang sudah terinfeksi dari tanaman induk yangsakit. Patogen masuk ke dalam tanaman inang melalui luka-luka pada akar akibat serangan nematoda atau faktor lainnya.Patogen dapat bertahan lama di dalam tanah, sehingga menjadi sumber penyakit. Oleh sebab itu, tidak dianjurkan menanam tanaman rimpang berulang-ulang di lahan yang sama. Patogen menyebar melalui bibit terinfeksi, tanah, air, alat-alat pertanian dan pekerja di lapang.  
 
Pengendalian:Cara kultur teknis, Pemberian pupuk organik; Penjarangan anakan; Rotasi dengan tanaman bukan inang; Pembuatan drainase, sanitasi; Menghindari terjadinya luka pada akar; Menggunakan benih sehat atau benih baru setiap musim tanam; Sistem pindah tanam setelah tiga kali panen, maksimal 3 tahun; Pengapuran atau abu. Cara fisik/mekanis Eradikasi rumpun terserang; Memotong bunga jantan segera setelah sisir terakhir terbentuk; Kondomisasi terhadap bunga. Cara biologi Pemanfaatan agens antagonis seperti Pseudomonas fluerescens,Bacillus subtilis.




Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
didanai oleh Proyek I-MHERE B.2.c


Anda diperkenankan menggunakan informasi maupun gambar dari website ini dengan mencantumkan sumbernya www.opete.info

2010-2011 Departemen Proteksi Tanaman - IPB