Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
   
Penelusuran Lanjutan
Beranda Depan

 

 Busuk Daun

Penyakit:Busuk Daun
Penyebab:Pseudoperonospora cubensis (Berk. et Curt) Rostow.
Inang:Labu-labuan (Cucurbitaceae)
Gejala:Gejala pada permukaan atas daun terdapat bercak-bercak kuning dan terkadang terlihat agak bersudut karena dibatasi oleh tulang-tulang daun. Selain itu, pada kondisi lembab, permukaan bawah daun tampak bercak cendawan seperti bulu berwarna keunguan. Gejala lanjut menyebabkan klorosis kemudian nekrosis hingga akhirnya daun tersebut menjadi mati.
Deskripsi:Miselium cendawan ini tidak bersekat, menginfeksi jaringan tanaman secara interseluler dengan haustorium, berbentuk oval, dan bercabang seperti jari. Sporangium berwarna ungu keabu-abuan atau ungu kecokelatan, berbentuk oval, berdinding tipis dan berpapil pada ujungnya. Ukuran sporangium 21-39 x 14-23 m, berkecambah dengan membentuk spora berflagel dua, dan berdiameter 10-13 m. Cendawan ini tidak dapat hidup sebagai saprofit sisa-sisa tanaman dan tidak membentuk struktur bertahan. Cendawan bertahan dari musim ke musim melalui tanaman inang lain. Pemencaran spora dilakukan melalui angin. 
 
Pengendalian:Eradikasi tanaman dengan pembongkaran dan pembakaran tanaman sakit, mengurangi kelembaban tanaman dengan mengatur jarak tanam, sanitasi




Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
didanai oleh Proyek I-MHERE B.2.c


Anda diperkenankan menggunakan informasi maupun gambar dari website ini dengan mencantumkan sumbernya www.opete.info

2010-2011 Departemen Proteksi Tanaman - IPB