Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
   
Penelusuran Lanjutan
Beranda Depan

 

 Penyakit Layu Fusarium

Penyakit:Penyakit Layu Fusarium
Penyebab:Fusarium oxysporum f.sp. lycopersici
Inang:Tomat (Lycopersicon esculentum Mill.)
Gejala:Gejala pertama ditandai dengan daun menguning. Apabila tanaman dicabut akar mudah ditarik karena pertumbuhan akar tidak sempurna dan membusuk. Pada dasar umbi lapis terdapat cendawan keputih-putihan. Jika umbi lapis dipotong membujur tampak ada pembusukan yang agak berair pada pangkalnya dan meluas keatas lapisan umbi. Tanaman yang terserang daunnya mati dari ujung dengan cepat.
Deskripsi:Cendawan membentuk klamidospora dan dapat bertahan lama di dalam tanah. Cendawan menginfeksi dengan cara menembus jaringan pada dasar batang tanpa ada luka sebelumnya. Penetrasi dipermudah bila terdapat luka. Serangan cendawan pada umbi sangat lambat sehingga tidak menampakkan gejala, namun setelah disimpan dan bibit ditanam di lapang, maka gejala akan timbul. Kelembaban yang tinggi di dalam tanah akan memacu perkembangan penyakit. Penyakit ini tersebar di seluruh Pulau Jawa. 
 
Pengendalian:Pengendalian secara bercocok tanam, dengan menanam benih sehat.Pengendalian fisik/mekanik, dengan melakukan eradikasi selektif terhadap tanaman yang terserang dan memusnahkannya, menghindari pelukaan umbi saat tanam atau saat panen. Pengendalian biologi, dengan menggunakan agens hayati Gliocladium sp. dalam kompos, yang diberikan dalam lubang tanam pada saat penanaman.




Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
didanai oleh Proyek I-MHERE B.2.c


Anda diperkenankan menggunakan informasi maupun gambar dari website ini dengan mencantumkan sumbernya www.opete.info

2010-2011 Departemen Proteksi Tanaman - IPB