Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
   
Penelusuran Lanjutan
Beranda Depan

 

 Penyakit akar merah

Penyakit:Penyakit akar merah
Penyebab:Ganoderma philippii
Inang:Teh
Sebaran:Sri Lanka,India,Afrika,Malaysia,Indonesia
Gejala:Daun menguning,layu,rontok,dan tanaman mati. Penyakit akar merah membentuk rumpang yang luas dan bundar. Permukaan akar tanaman yang sakit terdapat benang-benang jamur berwarna merah yang membentuk selaput-selaput. Lama kelamaan warna merah berubah menjadi merah anggur tua. jika akar menjadi busuk warna berubah menjadi lembayung (violet) hitam. Akar yang busuk basah,kayunya menjadi lunak dan akan mengeluarkan air jika sedikit ditekan.
Deskripsi:Penyakit akar merah menular dengan kontak antara akar yang sakit dengan yang sehat. Cendawan juga dapat membentuk rizomorf, namun berbeda dengan cendawan lainnya. Rizomorf cenawan ini tidak dapat menjalar bebas dalam tanah (terlepas dari permukaan akar). Penyebaran melalui spora. Penyakit dibantu oleh kelembapan tanah dan banyak terdapat di tanah latosol tua. Cendawan tumbuh lebih baik pada pH 6,0-7,0. 
 
Pengendalian:Tidak menggunakan pohon pelindung yang rentan terhadap penyakit ini. Drainase yang baik. Tanaman yang sakit dibongkar kemudian dibakar. Membuat selokan isolasi yang dalamnya 60-100 cm. Pembukaan leher akar dari dua baris perdu yang masih tampak sehat disekeliling bagian yang terjangkit.




Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
didanai oleh Proyek I-MHERE B.2.c


Anda diperkenankan menggunakan informasi maupun gambar dari website ini dengan mencantumkan sumbernya www.opete.info

2010-2011 Departemen Proteksi Tanaman - IPB