Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
   
Penelusuran Lanjutan
Beranda Depan

 

 Penyakit akar hitam

Penyakit:Penyakit akar hitam
Penyebab:Rosellinia bunodes, Rosellinia arcuata
Inang:Teh
Sebaran:Sri Lanka,India
Gejala:Pada permukaan akar yang sakit adanya jaringan benang-benang jamur yang berwarna hitam. Pada waktu masih muda benang-benang tadi berwarna putih,kemudian menjadi kelabu dan kelabu kehitaman. Serangan lanjut,akar diliputi oleh benang-benang jamur yang berwarna hitam suram,yang arahnya memanjang akar. Pada serangan R. arcuata pada permukaan kayu terdapat benang-benang cendawan yang berwarna putih,teratur seperti kipas atau bintang. Pada serangan R. bunodes pada permukaan kayu terdapat titik-titik hitam. Jika kayu dipotong melintang di dalamnya tampak garis-garis hitam yang teratur seperti jari-jari.
Deskripsi:Cendawan ini dapat menular dengan beberapa cara,yang terpenting adalah dengan kontak antara akar yang sehat dengan yang sakit. Cendawan juga dapat menular dengan rizomorf di dalam tanah,dengan konidium dan askospora,dan juga dengan miselium yang berkembang di atas tanah sebagai saprofit pada sampah-sampah yang terdapat di bawah perdu-perdu teh. R. arcuata mempunyai tubuh buah yang berbentuk bulat,licin,hitam kelabu,mempunyai papil yang agak menonjol,bergaris tengah 2-2,5 mm. Tubuh buah R. bunodes berbentuk bulat,hitam dengan permukaan kasar,garis tengah 1,5 mm. Lubang tubuh buah (ostiol) kaang-kadang menonjol. Di dalam tubuh buah terdapat askus dan parafisis.  
 
Pengendalian:Tidak menanam tanaman yang rentan, tanaman yang sakit dibongkar dan dimusnahkan, pembuatan selokan isolasi.




Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
didanai oleh Proyek I-MHERE B.2.c


Anda diperkenankan menggunakan informasi maupun gambar dari website ini dengan mencantumkan sumbernya www.opete.info

2010-2011 Departemen Proteksi Tanaman - IPB