Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
   
Penelusuran Lanjutan
Beranda Depan

 

 Penyakit leher akar

Penyakit:Penyakit leher akar
Penyebab:Ustulina deusta
Inang:Teh
Sebaran:Indonesia,Malaysia,Sri Lanka,Amerika Selatan
Gejala:Daun yang terdapat pada cabang dan ranting di atas bagian yang terserang layu dan mengering. Dipermukaan akar perdu yang sakit tidak terdapat misellium yang jelas. Di antara kulit dan kayu dari akar dan batang terdapat benang-benang jamur berwarna putih,teratur seperti kipas. Kayu menjadi busuk kering dan lunak,mudah dihancurkan. Di dalam kayu terdapat papan-papan miselium hitam,yang pada penampang tampak seperti garis-garis tidak teratur yang sering membentuk lingkaran.
Deskripsi:Cendawan membentuk tubuh buah pada leher akar,berbentuk papan-papan bulat melekat pada kulit batang,mempunyai tangkai pendek di pusatnya. Tubuh buah mula-mula lunak,berwarna putih,pusatnya menjadi warna kelabu atau kelabu keijauan. Pada saat ini tubuh buah membentuk banyak konidium yang seperti tepung berwarna putih kelabu halus. Akhirnya tubuh buah menjadi hitam dan keras. Umumnya cendawan membentuk banyak tubuh buah. Menginfeksi melalui luka-luka dan dapat bersifat saprofit. 
 
Pengendalian:Tanaman yang terserang dibongkar dan dimusnahkan, menjaga agar tidak terjadi luka pada tanaman, menggunakan pohon pelindung yang tidak rentan terhadap penyakit ini.




Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
didanai oleh Proyek I-MHERE B.2.c


Anda diperkenankan menggunakan informasi maupun gambar dari website ini dengan mencantumkan sumbernya www.opete.info

2010-2011 Departemen Proteksi Tanaman - IPB