Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
   
Penelusuran Lanjutan
Beranda Depan

 

 Busuk buah

Penyakit:Busuk buah
Penyebab:Phytopthora palmivora
Inang:Kakao
Sebaran:Indonesia
Gejala:Warna buah berubah,mulai dari ujung buah dekat tangkai hingga keseluruh buah. Buah menjadi busuk dalam waktu 14-22 hari. Akhirnya buah menjadi hitam,dan memiliki lapisan berwarna putih bertepung,terdiri atas jamur-jamur sekunder yang banyak membentuk spora.
Deskripsi:Pada buah kakao jamur membentuk banyak sporangium (zoosporangium),berbentuk buah per. Sporangium dapat berkecambah secara langsung dengan membentuk pembuluh kecambah,tetapi dapat juga berkecambah secara tidak langsung dengan membentuk zoospora atau spora kembara yang dapat berenang. Bersifat heterotalik, yang hanya dapat membentuk oogonium dan anteridium jika bertemu dengan tipe pasangan (mating type) yang lain. Jamur yang mengadakan infeksi pada buah dapat bersumber dari tanah,batang yang sakit kanker batang,buah yang sakit,dan tumbuhan inang lain. Jamur bertahan di dalam tanah dan dapat disebarkan melalui percikan air hujan dan angin. 
 
Pengendalian:Mengurang kelembapan kebun, mempertahankan seresah sebagai mulsa di sekitar pangkal batang, memanen buah yang masak secara teratur, selama musim penghujan buah-buah disemprot dengan fungisida.




Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
didanai oleh Proyek I-MHERE B.2.c


Anda diperkenankan menggunakan informasi maupun gambar dari website ini dengan mencantumkan sumbernya www.opete.info

2010-2011 Departemen Proteksi Tanaman - IPB