Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
   
Penelusuran Lanjutan
Beranda Depan

 

 Kanker batang

Penyakit:Kanker batang
Penyebab:Phytophthora cinnamomi
Inang:Kina
Sebaran:Jawa Barat,Sumatera
Gejala:Kulit tanaman yang sakit menjadi busuk. Di sekitar kulit yang busuk kalus dapat berkembang dengan jelas atau tidak,kulit yang sakkit dapat mengelupas atau tidak. Pada tanaman tua kulit yang sakit mengeluarkan cairan jernih,yang setelah mengering warnanya menjadi coklat kemerahan. Jika kulit kerak dikorek tampak adanya bercak kecoklatan yang terdiri atas kulit yang membusuk,dengan batas yang tegas tetapi tidak teratur. Pohon yang terserang berat daunnya berwarna kekuningan atau kemerahan,sedikit demi sedikit rontok dan akhirnya pohon mati. Kulit busuk yang sudah mengering dan kulit pohon sakit yang sudah mati sukar dilepaskan dari kayunya.
Deskripsi:Dalam biakan murni miselium jamur berwarna putih dan membentuk gambaran seperti mahkota bunga (petaloid). Jamur banyak membentuk miselium udara dan miselium submedier. Hifa berukuran 2,6-6,4 m, klamidiospora bulat, berdinding tipis, berukuran 15,2-37,9 m. Oogonium berbentuk bulat,berukuran 21,2-33,3 m, dengan anteridium amfiginus. Sporangium (zoosporangium) berpapil, dengan ukuran 21,2-51,5 x 15,2-39,4 m. Jamur tumbuh baik pada suhu 25-27 ?C, dan tidak tumbuh pada suhu 34,5-35 ?C. Penyakit disebarkan oleh air. Air dapat membawa butir-butir tanah bersama-sama dengan benang-benang dan klamidiospora jamur. 
 
Pengendalian:Jangan menanam di tanah yang kurus. Drainasi dibuat dan dipelihara agar saluran tidak meluap. Penanaman tidak terlalu rapat. Perantingan dilakukan pada waktunya. Pemupukan yang cukup.




Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
didanai oleh Proyek I-MHERE B.2.c


Anda diperkenankan menggunakan informasi maupun gambar dari website ini dengan mencantumkan sumbernya www.opete.info

2010-2011 Departemen Proteksi Tanaman - IPB