Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
   
Penelusuran Lanjutan
Beranda Depan

 

 Penyakit akar merah

Penyakit:Penyakit akar merah
Penyebab:Ganoderma philippii
Inang:Kemiri
Gejala:Gejala berupa akar yang sakit tertutup oleh miselium berwarna merah yang melekat dengan tanah, gejala lanjut miselium akan berwarna merah anggur tua. Kayu yang terinfeksi berwarna kuning suram pucat, busuk basat, terkadang kering, tergantung pada kondisi tanah. Pada gejala lanjut, cendawan akan membentuk tubuh buah pada pangkal batang, berbentuk seperti kuku kuda (console, bracket) tipis, keras, berkayu, permukaan atasnya cokelat merah tua, permukaan bawah putih krem, dan berlekuk. Gejala yang tampak berupa daun-daun menguning, layu, dan gugur, sehingga lama-kelamaan tanaman akan menjadi gundul.
Deskripsi:Penularan penyakit terjadi karena adanya kontak antara akar tanaman sakit dengan akar tanaman sehat; spora cendawan hanya dapat menginfeksi tunggul tanaman sakit/ rentan. 
 
Pengendalian:Pada saat akan melakukan peremajaan/ penanaman, semua sisa tanggul tanaman/ akar harus dibersihkan; Pohon yang sakit atau mati harus dibongkar; dibuat selokan isolasi atau pembukaan leher akar; Pengelolaan drainase yang baik.




Basisdata Hama dan Penyakit Tanaman
didanai oleh Proyek I-MHERE B.2.c


Anda diperkenankan menggunakan informasi maupun gambar dari website ini dengan mencantumkan sumbernya www.opete.info

2010-2011 Departemen Proteksi Tanaman - IPB